Jumat, 10 Desember 2010

Danau Toba Layak Dijadikan Kawasan Strategis Nasional


Toba Samosir, Sumut (ANTARA) - Danau Toba sudah selayaknya ditetapkan sebagai salah satu kawasan strategis nasional melalui undang-undang, ujar peneliti LIPI Bachtiar Simamora.

"Karena Danau Toba merupakan kebanggaan masyarakat sekitar dan juga bangsa Indonesia," katanya di Balige, Jumat.

Sehubungan dengan itu, menurut dia, dituntut kepedulian penuh dari seluruh komponen masyarakat khususnya pemerintah daerah di sekitar danau tersebut dalam upaya penyelamatan ekosistem Danau Toba.

Dikatakannya, kawasan Danau Toba merupakan kawasan strategis nasional yang diharapkan menjadi panduan dalam strategi penyelamatan ekosistem.

"Tao Toba na uli (Danau Toba yang indah, red), harus diwujudkan," ujarnya.

Pelestarian ekosistem Danau Toba, katanya menambahkan, harus memperhatikan aspek ekologi, ekonomi dan sosial masyarakat. "Dengan demikian penyelesaian menyeluruh akan diperoleh, bukan solusi parsial," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Saibon Sirait menambahkan, sesuai visi dan misi daerah, kepedulian dan dukungan pemerintah kabupaten akan senantiasa diberikan dalam upaya pelestarian kawasan Danau Toba.

Untuk itu, katanya, perlu adanya tindakan nyata dari pemerintah pusat serta pihak terkait bagi pelestarian ekosistem dimaksud dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Hal ini, kata dia, akan mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Toba Samosir berkait peningkatan kesejahteraan masyarakat, sekaligus sebagai upaya pelestarian lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar